Sunday, June 03, 2007

Sunsilk Dare to Shine Goes to Yogyakarta

Ini dia nih, gaya Daddo Parus saat menjadi narasumber untuk workshop penyiar radio
Sabtu, 2 Juni 2007, Sunsilk Dare to Shine datang ke Yogyakarta. Sekarang giliran Yogyakarta yang kebagian ngerasain workshop 3 profesi pilihan, yaitu presenter tv, penyiar radio, dan beauty stylist. Yang jadi narasumber, ada Uli Herdinansyah untuk presenter TV, Daddo Parus untuk penyiar radio, dan Citra Subiyakto untuk beauty stylist. Nantinya, beberapa peserta yang terpilih akan berkesempatan magang di Jakarta.
Acaranya sendiri berlangsung mulai pukul 08.00 - 12.00 untuk presenter tv, dan 12.00 - 05.00 untuk penyiar radio dan beauty stylist di Grand Mercure Hotel, Yogyakarta. Acaranya berlangsung cukup seru. Masing-masing profesi ada 80-an peserta yang mengikuti workshop tersebut.
Aku sendiri, kebetulan adalah salah satu peserta untuk workshop penyiar radio. Hehe, ini juga kebetulan, berhubung bingung mo ikut yang mana, akhirnya milih penyiar radio aja. Jujur, ini iseng, tapi sebenarnya mau juga sih, klo bisa terpilih magang. Tapi itu jelas nggak mungkin, krn yang udah jadi penyiar radio di Yogya aja ikutan workshop, ya jelas kalah telaklah. Apalagi banyak peserta yang cukup bagus saat tes menjadi penyiar.
Tapi, dari workshop ini banyak hal yg aku dapatkan. Mungkin salah satunya adalah kepercayaan diri yg lama hilang dari diriku. Yup, aku jadi sadar, kalo yg namanya percaya diri itu penting banget, dan nggak perlu lagi deh yang namanya minder, dan kawan-kawannya itu deh. STOP deh yg namanya meratapi diri, minder, dan nggak percaya diri. Apa pun yg terjadi,ya jalani aja. Jangan pesimis dulu sebelum nyoba, dan yakinlah pasti bisa. Semangat...
Oh iya, ini nih beberapa tips dari Daddo Parus - How to be a good Radio DJ/Announcer

How to be a Good Radio DJ/Announcer:
1. Good announcing and operating skill
2. Good sense of music
3. Good Personality
4. Good empathy
5. Informative
6. Well prepared
(harus siap dan selalu punya materi)
Khusus untuk personality, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Warm (hangat, ya iyalah nggak ada dong yang suka dengan penyiar yg gualaaak ato tidak menyenangkan)
2. Friendly
3. Don't fake (Jangan palsu/jangan dibuat2)
4. Be your self (yup, ini intinya. Lebih baik jadi diri sendiri aja deh)
Setelah belajar selama 5 jam lamanya, jadi ngerti banget klo yg namanya jadi penyiar radio itu nggak mudah. Dan juga, jadi penyiar itu nggak boleh pendiam, pemalu, atau tertutup. Karena itu, untuk yg jadi penyiar radio, klo yg tadinya pendiam, cobalah lebih terbuka, perbanyak wawasan, dan perluas pergaulan juga pastinya. Buat yg bermimpi menjadi penyiar, selamat berusaha deh, dan semoga sukses :)
Moga2 sih sunsilk bakal ngadain acara seperti ini lagi. Karena acara ini bermanfaat banget.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home